Minggu, 04 Desember 2011

Schedule, Agar Tidak Buta

Apa yang akan terjadi ketika kita tidak mengetahui apa yang akan kita lakukan?

Ya.... tentu saja kita akan membuang-buang waktu dan pikiran hanya untuk mencari tahu apa yang hendak dikerjakan atau apa yang akan dilakukan. Mungkin dalam istilah lain, kita bahkan menjadi buta pada diri kita sendiri, dan membuat segala sesuatu sangat tidak efektif.

Misalnya, pada sebuah kegiatan yang kita ikuti, tidak terdapat sebuah petunjuk atas runutan apa saja yang akan dikerjakan pada rentang waktu tersebut. kita tidak akan bisa
mengikuti kegiatan tersebut dengan rileks tapi optimal, karena kita hanya akan mencari tahu kapan kegiatan tersebut akan selesai, kemudian kegiatan apa lagi yang akan dilakukan dan kapan. Justru kita tidak akan dapat mengikuti kegiatan secara optimal, tidak dapat mengatur aktivitas di sela-sela waktu yang akan direncanakan (lah wong ga ada pedoman waktunya, hehe...). Bahkan yang parah lagi, kita cuman memikirkan "selanjutnya apa" dan kalo gini ampe kapan............. ??????


Untuk itu, diperlukan adanya sebuah pedoman waktu dan list aktivitas.... atau dalam bahasa kampung saya schedule, dan kalo orang kota akan bilang jadwal. Ya... cuman pedoman atau list aktivitas yang akan dilakukan pada suatu rentang waktu tertentu dan disertai keterangan waktu dan batasan waktu.... So simple koq, kalo ada schedule, kita bisa lebih tenang dalam menjalani sebuah aktivitas (karena tahu apa aktivitasnya, kapan batasannya dan apa aktivitas selanjutnya)... bahkan kita bisa lebih produktif lagi, karena dapat melakukan aktivitas lain di sela-sela aktivitas yang terjadwal tersebut. Setidaknya kita dapat lebih tenang dalam menjalani sebuah aktivitas atau banyak aktivitas karena semua telah terprogram...... siapapun itu yang memprogramkan, entah pimpinan, kelompok atau bahkan diri kita sendiri.

membuat sebuah schedule sebenarnya tidak terlalu rumit koq, hanya diperlukan beberapa aspek:
  1. Buat sebuah target yang hendak dicapai
  2. Kenali diri sendiri, berikut batasannya
  3. Buat tenggang waktu untuk sebuah aktivitas dan jangan terlalu lama
  4. Buat rencana untuk kegiatan selanjutnya
  5. Kasih jeda waktu yang cukup antar aktivitas
  6. Buatlah rangkaian aktivitas-aktivitas tersebut bervariasi (biar ga bosen aja :piss: )

Udah, simple banget koq..... dan dengan schedule yang bagus... akan membuat kita dapat memprogram aktivitas kita, membuat langkah tidak monoton, bisa mencapai target yang jelas tapi tetep terlaksana dengan santai but optimal, dan akan mendisiplinkan diri kita

So..... selamat membuat jadwal ya....
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar