Sabtu, 19 November 2011

Manado, Full Impression City

Kebetulan, saya mendapat dinas ke Manado, ya.. saya sangat senang emang dinas ke Manado. Entah, selalu ada alasan untuk kepingin ke Manado lagi... dan ini memang sudah ke tiga kalinya saya dapat dinas ke Manado.

Mungkin alasan suka dengan Manado.. kata orang karna ceweknya cantik-cantik..suiiitttt... atau karena mau ke Bunaken yang terkenal... hmmmm, sah-sah saja sih pendapat tersebut. tapi bagi saya, Manado adalah kota yang kerennnn...... dan akan membuat setiap orang yang ke sana betah dan selalu ingin kembali mengunjungi.


Memang banyal hal keren di Manado, mulai objek wisata, orang-orangnya, atau.. ehm, seperti yang saya sebutkan di atas.. hehehe... cuman sepertinya udah banyak yang lebih mengupas segala keindahan Manado dan bahkan dengan tulisan yang lebih mendalam. Tapi saya yang terkesan adalah ketertiban dan keteraturan masyarakat Manado.

Pertama yang saya salut, ternyata hampir semua orang di manado bisa berbahasa Indonesia dengan cukup baik, hal tersebut telah saya amati ketika turun langsung ke masyarakat. padahal di Manado ada banyak suku dan bahasa, tapi mereka hampir selalu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. hal tersebut setelah saya tanyakan, karena masyarakat Manado memiliki kesadaran yang cukup baik tentang arti pendidikan.

Nah, ketika bicara tentang kesadaran, masyarakat manado punya kesadaran yang cukup tinggi tentang ketertiban. Ya, mulai yang paling sederhana saja, hampir tidak saya temukan sampah berserakan atau orang buang sampah sembarangan.... yang saya temui, di sepanjang jalan banyak terdapat tempat sampah (baik organik maupun anorganik) dan semua tertutup rapi, tidak bau dan dibersihkan secara teratur. Dan orang yang tak malu untuk membawa sampah sejenak sebelum membuang pada tempat yang disediakan. Nah, kemudian ketertiban dalam ber lalu lintas... hampir tidak saya temui, orang nyelonong lampu merah, parkir sembarangan, saling serobot dll... yang banyak saya temukan justru orang yang berkendara tertib pada lajur sesuai marka, memberi kesempatan pada penyeberang, bahkan penajalan kaiki pun, akan tertib dalam menggunakan trotoar dan zebra cross.

Selain ketertiban tersebut, masyarakat di sana mempunyai kesadaran yang cukup baik atas kelestarian lingkungan. Salah satunya melalui gerakan Save Bunaken... menurut informasi yang saya dapat, pada hari Jumat, banyak instansi yang mengurangi pelayanan publiknya, dan bersama-sama untuk melakukan gerakan Jumat bersih, ya membersihkan lingkungan sekitar. dan mereka bahkan membersihkan laut.... ya laut yang dibersihkan dari sampah-sampah yang mengotorinya, dan hal tersebut sekarang telah menular pada masyarakat umum dan siswa sekolah. sebuah kesadaran tinggi akan pentingnya lingkungan yang tetap terjaga...

Satu lagi yang penting, masyarakat manado sangat toleran, ya.. mereka tidak pernah mau pusing dengan persoalan SARA, yang penting adalah ketika kita membalas keramahan mereka.. ngga penting siap kita, asalkan kita asyik.. mereka juga asyik.........

Oh iya, omong-omong tentang Manado, tentu ada yang paling berkesan dari kunjungan saya saat ini. Saya emang ngga ke Bunaken, karna udah pernah dan waktunya kebetulan pendek... saya hanya jalan-jalan saja di sekitaran Kota Manado. nah malam habis kegiatan hari itu, saya bersama teman lama yang kebetulan ditempatkan di Manado.... dan kami menikmati Durian di sekitaran pantai Boulevard. Emang keren banget, udah duriannya enak, murah... eh tempatnya keren loh. cuman pas jam 22.00 malem... eh tiba2 datang petugas Ketertiban, dan penjual Duren yg pake pick up tersebut diusir (digusur)... dan kami yang sedang makan duren pun seolah-olah juga digusur.. hahahaha,.. gimana engga??? lah pas enak-enaknya makan duren, sambil dipelototin terus... padahal yg jual durian juga dagang pake pick up dan menyediakan banyak ember besar sebagai tempat sampah... tapi tetep aja kami DIGUSUR!!!!!!!... hehehehe... ya akhirnya, sisa durennya kami makan aja di Mobil.

Cuman menurut saya, penggusuran itu tetep positif, itu merupakan bentuk preventive action atas pedagang kaki lima yg jualan tidak pada tempat yang disediakan. Dan itu sangat efektif untuk menertibkan masyarakat serta sebagai upaya pencegahan sebelum ada banyak pedagang K-5 yang jual sembarangan. dan hal tersebut yang patut dicontoh di sini, tertibkan selagi masih baru muncul... bukan ketika baru muncul dibiarkan, setelah banyak baru ditindak... karena hal tersebut sama saja menciptalan persoalan baru. 

Ah... emang kota ini ngangenin, dan selalu ada alasan untuk kembali berkunjung.... mungkin saya akan lebih banyak tahu tentang manado kalo kunjungannya aga lamaan dikit dan ada waktu luang. yang jelas kota ini adalah salah satu tempat terbaik di Indonesia

SALAM KAWANUA................................................

* Maaf, buat yang merasa punya gambar, saya pinjam ya
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar